Pages

Ads 468x60px

Friday, January 18, 2013

«|» Komposita


Banyak sekali kata benda yang dibentuk dari beberapa kata benda lain yang menimbulkan makna baru. Nah, pernahkah kalian berpikir jika dalam bahasa Jerman yang notabene memiliki artikel tersendiri untuk setiap kata bendanya, artikel dari kata benda manakah yang akan kita gunakan dalam kata benda gabungan tersebut? Cara menentukan artikel dalam kata benda gabungan bahasa Jerman:

 
“Jika ada gabungan dari 2 kata benda atau lebih yang membentuk kata benda baru, maka artikel yang digunakan adalah yang berasal dari kata benda yang terletak diakhir kata”.
 Zum Beispiel :
  • Der Fuβ + der Ball = der Fuβball
  • Das Bϋro + der Stuhl = der Bϋrostuhl
  • Das Telefon + das Buch = das Telefonbuch
Mungkin masih ada yang bertanya-tanya lalu bagaimana cara menentukan kata benda mana yang ada di awal atau di akhir? Kita lihat saja dari contoh diatas, dapat diketahui bahwa kata yang berada di belakang selalu kata yang menerangkan kata benda di depannya dan inti dari benda tersebut berbentuk kata benda yang ada dibelakangnya. Seperti das Telefonbuch, dalam kenyataannya benda ini berupa sebuah buku yang berisi nomer telefon bukan telefon yang berisi buku.

Mudah kan.. kalau masih bingung, silahkan posting komentar yaa, akan saya jawab secepat mungkin :)

8 comments:

  1. iya, in progress ya dek :) makanya di follow blognya, biar tau kalo ada postingan terbaru hehe

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Hai gerald, seneng banget aku liat pengumuman dr goethe institut indonesia bahwa km memenangi NDO dan dikirim ke jerman, sukses terus ya :)

      Delete
    2. terima kasih ya kak ucapaannya, maaf loh udah lama banget baru dibales, baru liat soalnya... keep posting materi pembelajaran bahasa jerman ya kak! :)

      Delete
    3. Iyaa sama2 :D, ini uda lama nggak posting udahan, tapi nanti kalo sempet insha Allah bisa posting lg hehe

      Delete

Mohon kritik dan saran untuk blog ini yaa :) saya akan berusaha membalasnya secepat mungkin :)