Pages

Ads 468x60px

Sunday, January 20, 2013

«|» Präpositionen


Apa itu präpositionen? Bagaimana cara menggunakan präpositionen dalam bahasa Jerman? Präpositionen adalah kata depan. Seperti pada bahasa-bahasa lainnya, kata depan ada banyak dan bermacam-macam. Namun jujur saja, belajar präpositionen tidaklah mudah dalam bahasa Jerman. Di bahasa Indonesia, jika ingin menunjukkan lokasi, kita selalu menggunakan kata depan “di”, seperti :

  • Saya sedang berada di bioskop, di museum, di pasar, dll.
Tapi dalam bahasa Jerman, bisa berbeda präpositionen untuk setiap tempat. Rempong ya? Emang :p tapi jangan menyerah yaa :D. Di bawah ini adalah bahasa Jermannya dari kalimat di atas.
  • Ich bin im Kino, im Museum, auf dem Markt.
 Nah, selain itu präpositionen juga ada macam-macamnya, ada yang präpositionen yang diikuti akkusativ, präpositionen diikuti dativ, wechselpräpositionen, präpositionen yang buat keterangan waktu (Präpositionen + Zeitangaben), dsb. Ikuti terus postingan-postingan belajar bahasa jerman selanjutnya :D

2 comments:

  1. jujur, masih bingung bngt dngn kasus prapositionen ini, kak. kapan prapositi-nya + dativ atau + akkusativ. misal : ich stelle den koffer .... Bushaltestelle. Der Koffer steht .... Bushaltestelle. terima kasih sblm nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang belajar präpositionen ini sedikit susah, untuk yang diikuti akkusativ biasanya oleh benda yang sedang bergerak sedangkan yang diikuti oleh dativ biasanya benda yang sedang diam, nah tetapi untuk konteks tertentu lain sama seperti dalam bhs inggris juga yang ada beberapa kata yang harus diikuti oleh praposisi tertentu
      Jadi kuncinya, harus sering2 membaca teks bahasa jerman agar lebih terbiasa :)

      Delete

Mohon kritik dan saran untuk blog ini yaa :) saya akan berusaha membalasnya secepat mungkin :)