Pages

Ads 468x60px

Tuesday, February 5, 2013

«|» Studienkolleg Indonesia


Jika anda tertarik untuk melanjutkan studi di Jerman untuk jenjang universitas maka yang pertama-tama harus Anda lakukan adalah belajar bahasa Jerman *LOL*. Setelah Anda cukup menguasai bahasa Jerman dengan baik, bagi lulusan SMA yang ingin melanjutkan studi di Jerman harus menempuh pendidikan kurang lebih selama setahun di Studienkolleg. 
Studienkolleg bisa ditempuh di Jerman langsung maupun di Indonesia. Studienkolleg Indonesia berada di bawah tanggung jawab Yayasan Indonesia-Jerman yang merupakan hasil kerjasama beberapa Lembaga baik Lembaga dari Indonesia maupun Lembaga dari Jerman. Menurut brosur yang saya baca nih, Studiankolleg Indonesia juga memiliki kerjasama dengan Studienkolleg Niedersachsen Universitas Hannover dan didukung oleh GTZ/CIM yaitu program kerjasama dari Kementerian Perkembangan dan Kerjasama Ekonomi Jerman (BMZ).
  
Bila Anda baru saja lulus dari SMU/SMA/SMK sederajat dan ingin melanjutkan studi ke Jerman , anda harus mengikuti ujian masuk ke perguruan tinggi bagi pelamar studi asing atau yang disebut “Festellungsprϋfung”. Nah, Studienkolleg Indonesia ini adalah salah satu dari sedikit “college” Jerman yang ada di dunia yang mempunyai kewenangan untuk mempersiapkan murid-muridnya untuk melaksanakan Festelellungsprϋfung di dalam negeri dan akan memperoleh ijazah yang diakui oleh seluruh perguruan tinggi Jerman. Dan ujian ini adalah syarat wajib atau  mutlak. Keren ya Studienkolleg Indonesia :3

Oya, Studienkolleg Indonesia ini menempati kelas di DeutscheInternationale Schule (DIS), DIS adalah sekolah Internasional Jerman yang memiliki suasana seperti di Jerman.
Buat para pembaca yang tertarik mengikuti studkol (singkatan kerennya studienkolleg) dan membutuhkan informasi lebih lanjut, bisa klik disini.

4 comments:

  1. Hallo... bagus juga ya sudah bisa ikut Studkol di Indonesia. Sebuah kemudahan untuk calon mahasiswa dari indonesia dalam melanjutkan pendidikan di jerman. Luar biasa. Tapi di sisi lain, menurut saya pribadi akan jauh berbeda suasana belajarnya di Indonesia (meskipun dibuat semirip mungkin dengan jerman) dibanding dengan belajar dan mengikuti studkol langsung di negara aslinya, Jerman. Mulai dari lingkungan juga suasana diluar tempat belajar. Calon mahasiswa itu mau tidak mau harus menggunakan Deutsch sepanjang hari.
    Salam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya benar mas, pasti tidak ada yang mengalahkan belajar bahasa langsung di negara yang bersangkutan :)

      Delete
  2. Recommend donk kak. Tempat kursus bahasa jerman yg mirah di mana ya?? Balas di email aku ya kak elcarlot123@gmail.com

    ReplyDelete

Mohon kritik dan saran untuk blog ini yaa :) saya akan berusaha membalasnya secepat mungkin :)